Klik Untuk Menilai Artikel ini
[Total: Rata-rata: ]

Jangan Berkecil Hati, Yuk Melihat Menopause Dari Sudut Pandang Positif

 

Bulan oktober dapat dikatakan adalah bulan untuk wanita, terutama mereka yang telah mencapai dekade keempat hidupnya. Dua tanggal dalam bulan Oktober didedikasikan untuk dua isu utama bagi kelompok ini, di mana tanggal 18 merupakan Hari Menopause Dunia, sedangkan tanggal 20 adalah peringatan Hari Osteoporosis Dunia. Meskipun osteoporosis juga terjadi pada pria, tapi kaum wanita harus menghadapi resiko ini lebih dahulu, begitu mereka memasuki masa pasca menopause. Mengapa demikian? Begitu wanita dikatakan menopause, artinya hormon estrogen dalam tubuhnya telah berada pada titik kritis atau bahkan telah berhenti diproduksi. Sedangkan estrogen mempunyai banyak peranan dalam berbagai fungsi organ wanita. Tanpa estrogen berarti berbagai fungsi terkait akan mengalami gangguan, seperti:

  1. Kesehatan jantung dan pembuluh darah.
  2. Proses remodeling tulang, yaitu terbentuknya kembali massa tulang yang hilang, mengakibatkan osteoporosis dan meningkatnya resiko patah tulang.
  3. Fungsi otak, berakibat pada penyakit degeneratif otak seperti demensia dan Alzheimer’s.
  4. Berkurangnya elastisitas kulit.
  5. Gangguan sensor suhu tubuh sehingga sering merasa kepanasan bahkan perih terutama di kulit wajah.
  6. Daerah intim menjadi lebih kering sehingga mengganggu aktivitas seksual.

Melihat berbagai dampak di atas, tidak berlebihan jika dikatakan menopause dapat mempengaruhi berbagai aspek dan merubah kualitas hidup wanita. Tidak sedikit mereka yang tidak siap memasuki fase tersebut dan mengalami gangguan psikologis yang semakin memperburuk keadaan. Karena itu mari kita memandang menopause dari sudut pandang yang positif:

  1. Menopause adalah peristiwa alami yang akan dihadapi oleh semua wanita (kecuali pada kasus tertentu misalnya akibat pengangkatan indung telur atau kista yang mengakibatkan menopause dini). Kenaikan jumlah wanita yang menopause disebabkan meningkatnya harapan hidup, di mana banyak wanita yang dapat melampaui usia 50 tahun, yang rata-rata merupakan usia terjadinya menopause.
  2. Berbagai akibat yang dapat ditimbulkan oleh menopause akan terjadi hanya bila Anda tidak melakukan antisipasi atau menghadapinya dengan cara yang tidak tepat. Apa buktinya? Lihatlah di sekitar Anda, tidak sedikit wanita di atas 50 tahun atau hingga di atas 70 tahun masih terlihat menarik, sesuai bahkan lebih muda dari usia mereka.
  3. Kecuali dalam hal kesuburan, estrogen bukan satu-satunya faktor yang berperan dalam berbagai fungsi organ Anda. Sebut saja dalam hal memelihara kekuatan tulang masih ada peranan faktor lain seperti protein, kalsium, vitamin D dan aktivitas fisik yang potensial untuk memelihara tulang Anda. Apa rahasia mereka yang berhasil menjalani dengan baik kehidupan pasca menopausenya? Anda mendapatkan kembali hormon Anda yang hilang. Mungkinkah? Tentu saja. Anda dapat memilih estrogen atau sesuatu yang berefek mirip estrogen, yaitu fitoestrogen yang berasal dari produk makanan alami.
  1. Terapi sulih hormon adalah cara memberikan estrogen dari luar melalui suntikan, pil atau cara lainnya. Efeknya tentu tidak diragukan. Tapi tindakan ini memiliki resiko terjadinya kanker payudara dan kanker rahim. Jika resiko lebih besar dari manfaat, tidak bijaksana menjadikannya sebagai pilihan utama. Jika Anda telah mendiskusikannya dengan dokter Anda dan dinyatakan dapat menjalani terapi hormon, biasanya akan dibatasi dalam jangka waktu tertentu saja. Dan selama menjalaninya, Anda wajib untuk terus berkomunikasi dengan dokter.
  2. Fitoestrogen adalah kandungan dalam tanaman tertentu yang bekerja seperti estrogen. Daftar makanan yang kaya akan fitoestrogen adalah biji gandum, berbagai kacang terutama kedelai dalam bentuk tempe, almond, tauge, tahu, sayuran serta berbagai buah. Teh hijau dapat melengkapi daftar fitoestrogen Anda, tidak ketinggalan minyak zaitun yang merupakan pilihan utama minyak untuk Anda. Konsumsi jenis makanan ini dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan, lakukan kombinasi dan penggantian jenis tiap harinya agar Anda memperoleh manfaatnya tanpa menyebabkan resiko gangguan lainnya seperti asam urat, dan lain-lain.
  3. Lengkapi diet Anda dengan nutrisi seimbang lainnya untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Nutrisi yang berlebih akan mendatangkan penyakit lainnya, sebaliknya kekurangan nutrisi akan menyebabkan Anda kekurangan berbagai bahan untuk aktivitas tubuh Anda. Anda tentu perlu kalsium untuk kekuatan tulang Anda, demikian juga berbagai zat penting lainnya.
  4. Olah raga juga sangat penting untuk kesehatan jantung, mempertahankan massa otot dan kekuatan tulang Anda.

Tanpa bermaksud menyederhanakan apa yang dapat terjadi pada menopause, namun memilih makanan yang tepat, seperti fitoestrogen, didukung dengan berbagai kebiasaan yang positif akan mempersiapkan Anda secara fisik dan mental. Pemeriksaan kesehatan berkala juga dapat membantu mendeteksi potensi gangguan yang akan terjadi, sehingga Anda dapat menghadapi semua dengan tenang dan menjalani hari-hari Anda tanpa kekhawatiran. Anda akan memiliki kualitas hidup yang optimal.

 

Tinggalkan Komentar Anda

+ 24 = 25