Klik Untuk Menilai Artikel ini
[Total: Rata-rata: ]

7 Manfaat Gadget bagi Tumbuh Kembang Anak

7 Manfaat Gadget bagi Tumbuh Kembang Anak

 

Di jaman yang serba digital sekarang ini peranan gadget semakin penting dalam keseharian kita termasuk untuk anak-anak. Sebagai orang tua mungkin ada kekhawatiran anak-anak akan menjadi kecanduan gadget, malas beraktivitas, kurang bersosialisasi dengan sekitarnya. Namun selama kita bisa memantau dan juga mendampingi anak-anak dalam aktivitas gadgetnya, kekuatiran tersebut bisa kita atasi. Malahan beberapa penelitian dewasa ini diantaranya dari American Academy of Pediatric (AAP) menunjukkan banyak lho dampak positif gadget terutama buat tumbuh kembang anak.

Berikut ini 7 manfaat gadget buat anak-anak :

  1. Merangsang keterampilan motorik

Keterampilan motorik ini berkaitan dengan gerakan otot anggota tubuh kita seperti : mulut, lidah, tangan dan kaki. Keterampilan ini bisa dilatih dengan permainan/aplikasi edukasi yang mudah didapatkan di gadget. Lihat saja betapa lucunya gerakan si kecil menirukan gerakan permainan pada aplikasi/video yang sedang ditontonnya. Selain itu, saat memegang gadget proses kemampuan motorik anak juga mulai dilatih melalui koordinasi mata dan juga gerakan kecil dari jari tangannya. Dan kita dapat dibuat tercengang, melihat gesitnya jari kecil mereka memainkan gadget untuk mencari dan menemukan aplikasi/permainan yang mereka sukai.

 

  1. Melatih kemampuan kognitif

Kemampuan kognitif adalah kemampuan yang berkaitan dengan cara berpikir, mengingat, membuat rencana, hingga pemecahan masalah. Saat ini sudah banyak media interaktif, video game, atau program edukatif yang dapat merangsang kemampuan berpikir pada anak salah satunya permainan puzzle. Pada permainan ini, anak dirangsang untuk belajar fokus dan mencari cara untuk menyusun potongan-potongan gambar yang acak menjadi satu gambar yang utuh. Permainan yang seperti inilah yang dapat merangsang cara berpikir anak untuk memecahkan masalah supaya bisa terus maju ke level selanjutnya.

Baca Artikel Lainnya :   Fakta Kelelawar Adalah Penyebar Virus

Dengan begitu, kita tak perlu lagi khawatir bahwa keseringan main gadget akan berdampak buruk bagi perkembangan kognitif anak.

 

  1. Merangsang anak berpikir kreatif

Gadget juga dapat membantu meningkatkan kreativitas anak-anak melalui permainan/aplikasi edukasi seperti aktivitas menggambar dan mewarnai. Dengan berbagai pilihan menu design, warna dan karakter, anak-anak bisa memulai kreativitasnya sampai pada akhirnya mereka bisa menghasilkan karya yang membuat kita terkagum-kagum.

ย 

  1. Mempercepat kemampuan pemahaman bahasa Inggris

Tidak dapat disangkal bahwa kebanyakan aplikasi/permainan di dalam gadget menggunakan bahasa Inggris. Hal ini membuat anak-anak cepat menirukan dan mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris. Hal ini bisa menjadi modal yang baik untuk mulai mengasah kemampuan bahasa Inggris si kecil sejak dini.

 

  1. Mengurangi stress

Gadget juga membantu menjaga emosional anak-anak dari rasa bosan dan stress. Anak-anak menjadi senang ketika memainkan aplikasi/permainan edukatif yang menarik sehingga rasa mood mereka bisa tetap positif.

ย 

  1. Anak lebih melek informasi dan teknologi

Saat ini, dunia sangat mengandalkan teknologi. Meskipun berdampak baik, namun teknologi juga memiliki efek negatif apabila kita tidak aware terhadap hal tersebut. Setiap hari, kita mendapatkan banyak informasi yang tersebar di internet. Seluruh informasi tersebut tidak semuanya kredibel dan berkualitas karena itu kita perlu lebih memahami dan menyaring informasi yang tersedia di dunia digital saat ini. Ketika anak sejak dini sudah mengerti tentang perkembangan teknologi dan informasi, anak akan tumbuh lebih siap menghadapi arus teknologi dan informasi yang sangat luas dan berkembang cepat ini. Jadi, anak tidak mudah terpapar berita palsu atau provokasi semata.

 

  1. Menjaga intensitas komunikasi dengan orangtua

Bagi orangtua yang menjalankan aktivitas pekerjaan di luar rumah ataupun sedang bepergian ke luar kota tentu bisa merasakan manfaat gadget sebagai media yang membantu agar komunikasi dengan anak bisa tetap terjaga dan anakpun merasakan hal yang sama tetap bisa mendapatkan perhatian dari orangtua melalui komunikasi visual yang tersambung dengan gadget.

Baca Artikel Lainnya :   Waspada โ€œSinar Biruโ€ Bisa Buat Kamu Buta

Nah sudah tau kan ternyata banyak manfaat gadget buat tumbuh kembang anak. Tapi jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mata anak-anak. Karena dengan menggunakan gadget artinya screen time pada anak juga bertambah dan beban/kerja mata anak pasti meningkat. Makanya beri mereka Eyevit Syrup, Vitamin mata komplit yang bagus dengan kandungan antioksidan tinggi : Bilberry, Retinol, Betacaroten, Vit E, Selenium & Zinc agar mata anak tetap sehat dan kuat. Eyevit Syrup dapat dibeli secara online di LAPI Official Shop Tokopedia dan Shopee serta Apotek/Toko Obat langganan.

 

BELI DISINI

 

31 Komentar

  • 5 bulan yang lalu at 19:58
    Permalink

    Eyevit sirup cocok untuk keponakan ku yang masih kecil, yang lagi seneng2nya main gadget sambil menunggu waktu berbuka puasa.

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 00:02
    Permalink

    untuk menjaga mata anak saya, saya slalu kasih eyevit, bagus untuk menjaga mata dari cahaya gatget.

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 15:21
    Permalink

    Hobi anak main gadget jgan lupa selalu sedia eyevit agar mata tetap sehat๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 15:07
    Permalink

    Eyevit is the best pokoknya

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 14:55
    Permalink

    Saya selalu sedia eyevit untuk memenuhi kebutuhan vitamin mata anak saya di era digital saat ini

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 14:54
    Permalink

    Sayangi generasi penerus bangsa dengan mengkonsumsi eyevit ๐Ÿฅฐ

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 14:52
    Permalink

    Main gadget jgn lupa vitamin mata.
    #Eyevit

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 14:46
    Permalink

    Gadget bisa untuk menambah wawasan anak juga tpi kelamaan bermain gadget bisa membuat mata perih untuk solusi biar mata tetap sehat cukup satu yaitu eyevit selalu bagus untuk mata

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 14:46
    Permalink

    Sakit mata. Solusinya ya eyevit

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 14:44
    Permalink

    Main gadget memang membatu aktifitas anak, tp kita harus tau juga resiko dari main gadget terlalu lama, beri lah nutrisi untuk mata kita dengan eyevit…

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 14:29
    Permalink

    Gangguan mata krn kebanyakan main Hp di Eyevit in aja

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 14:23
    Permalink

    Andalan keluarga saya,untuk suplemen mata.. Eyevit solusi nya ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 14:16
    Permalink

    Minum eyevit lebih bagus sih recomend banget

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 14:10
    Permalink

    Eyevit vitamin mata yg komplit

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 13:41
    Permalink

    Gadget memang menambah kreatif anak.
    Tapi kelamaan main gadget bisa merusak mata karena radiasi sinar biru nya.
    Anak harus d bekali vitamin mata yaitu Eyevit.

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 13:40
    Permalink

    Gadget memang menambah kreatif anak.
    Tapi kelamaan main gadget bisa merusak mata karena radiasi sinar biru nya.
    Anak harus d bekali vitamin mata yaitu Eyevit.

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 13:27
    Permalink

    Saya selalu sedia eyevit untuk memenuhi kebutuhan vitamin mata anak saya di era digital saat ini

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 13:25
    Permalink

    Main Gadget tidak masalah, kan Ada Eyevit
    Eyevit vitamin mata masa kini untuk menjaga dan melindungi mata anak kita agar tetap kuat dan sehat,
    I Love Eyevit

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 13:24
    Permalink

    Sll sedia eyevit sirup untuk anak2 dirumah.. trbukti ngebantu bgt kok…

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 13:23
    Permalink

    Di Era Digital seperti ini, Memang anak tak lepas dari yang nama nya Gadget, untung sdh ada Eyevit, vitamin mata era digital, aku ksh anak yang Eyevit syrup dan untuk saya dan istri minum Eyevit tablet, jadi aman main gadget tiap hari

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 13:22
    Permalink

    Kalau saya dan keluarga sdh percaya dengan Eyevit. Karena eyevit sdh terbukti ampuh menyehatkn mata kita

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 13:22
    Permalink

    Untuk menjaga agar mata tetap sehat& fit ,karna selalu beraktifitas dengan gadget & komputer. # EYEVIT ,, Solunsinya bestie
    Vitamin mata yang komplit dengan kualitas terbaik.๐Ÿ‘
    Tersedia 2 variant,
    Sirup untuk anak
    Tablet untuk dewasa. Capscus๐Ÿ˜‰

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 13:18
    Permalink

    Untung ada eye

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 13:15
    Permalink

    Gadget memang sdh menjadi keseharian tp jgn lupa mata hrs dijaga, agar mata selalu sehat harus pakai Eyevit , vitaminnya paling lengkap untuk kesehatan mata.

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 13:12
    Permalink

    Eyevit sangat cocok untuk atasi mata lelah akibat terlalu lama bermain gadget, mata jadi terasa ringan dan segar.

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 13:11
    Permalink

    Imbangi keterampilan anak maen gedget dg minum eyevit vitamin mata terbaik ๐Ÿ‘

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 13:07
    Permalink

    Aku slalu sedia eyevit tablet untuk menjaga kesehatan mata ku dan eyevit syrup untuk kesehatan mata anakku
    Eyevit memang vitamin mata keluarga yg terbaik๐Ÿค—๐Ÿ˜๐Ÿ‘

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 12:45
    Permalink

    Biar mata tidak lelah saat main Gadget.
    Minum eyevit… Vitamin utk mata. ๐Ÿค
    Eyevit terbukti kasiatnya ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    Aku juga minum eyevit

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 12:38
    Permalink

    Imbangin keterampilan anak bermain gadget dengan minum eyevit setiap hari, supaya mata anak tetap sehat ๐Ÿ‘Œ

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 12:29
    Permalink

    Gadget emg saran penting untuk belajar anak di era digital ini, tp dengan lama kelamaan melihat gadget mata juga lelah, minum eyevit udah paling mantapp untuk merawat mata anak di era digital ini๐Ÿ‘

    Reply
  • 5 bulan yang lalu at 12:23
    Permalink

    Ya emang gadget ngebantu anak-anak jadi lbh pintar hehe, cuman kasian matanya, untung udah eyevit, jadi mata anak saya tetap terlindungi, sehat dan kuat gadgetan.

    Reply

Tinggalkan Komentar Anda