Klik Untuk Menilai Artikel ini
[Total: Rata-rata: ]

Bahaya Ulat Bulu Yang Terabaikan

BAHAYA ULAT BULU YANG TERABAIKAN

Akumausehat, Jakarta –ย Umumnya orang mengetahui bahwa ulat bulu berbahaya dan dapat menyebabkan gatal/alergi. Tapi mungkin banyak yang tidak tahu bahwa yang menyebabkan reaksi alergi tersebut bukanlah alergen, melainkan venom atau bisa, sebutan yang sama dengan racun ular. Tidak berlebihan memang, karena ternyata ulat bulu dapat menyebabkan reaksi berat hingga pada kematian.

Tentu saja tidak semua jenis ulat bulu memiliki bahaya sebesar itu. Sebagian besar yang kita jumpai di negara kita mungkin hanya menyebabkan gatal dan gangguan kulit seperti yang disebabkan oleh jenis tanaman tertentu. Namun tidak menutup kemungkinan, seperti yang dilaporkan di beberapa negara, sesungguhnya banyak kejadian keracunan ulat bulu yang tidak dilaporkan. Sampai saat ini bahaya ulat bulu belum dianggap terlalu serius. Padahal beberapa akibat yang ditimbulkan tidak dapat dianggap remeh seperti:

  • Kebutaan
  • Reaksi alergi ringan โ€“ berat yang menahun, termasuk gejala mirip rematik
  • Penurunan fungsi/kerusakan organ termasuk ginjal dan organ lainnya
  • Kematian

Hal yang mungkin juga belum diketahui oleh banyak orang adalah bahwa tidak hanya kontak langsung yang menyebabkan reaksi pada tubuh manusia, tetapi partikel atau bagian berbahaya yang terbawa angin seperti halnya penyebab alergi yang berasal dari tumbuhan di musim tertentu.

Bagian paling berbahaya adalah yang kita sebut โ€œbuluโ€. Ulat bulu mengeluarkan bisa/racun melalui bulu ini. Ketika berkontak dengan kulit manusia, bulu dapat tertanam ke dalam kulit atau ke bagian lain seperti mata.

Bagaimana mencegah atau mengurangi bahaya ulat bulu terhadap tubuh? Berikut ini beberapa tipsnya:

  • Hindari ulat bulu yang terlihat, jangan menyentuhnya. Beritahu anak Anda sejak dini, karena bulu-bulu yang berwarna menarik biasanya menarik perhatian anak kecil.
  • Jika Anda berada di area yang banyak tanaman atau semak, kenakan pakaian yang lebih tertutup untuk mencegah kontak langsung yang tidak disengaja.
  • Jika sampai terjadi kontak, tindakan yang paling utama adalah membersihkan bulu yang tertinggal. Jangan menggunakan tangan karena malah akan memperluas area kulit yang terkena. Gunakan pinset atau plester untuk mengangkatnya. Kemudian bersihkan dengan cara menyiraminya dengan air sabun. Jangan digosok karena akan menimbulkan gesekan/goresan jika ternyata masih ada yang tertinggal. Keringkan dengan pengering rambut, jangan menggunakan handuk. Pakaian yang tadi dikenakan harus dicuci secara terpisah dengan perlakuan khusus, misalnya direndam dengan air panas dan detergen.
  • Obat pertolongan pertama adalah antialergi atau antihistamin. Jika Anda memiliki krim/salep yang mengandung kortikosteroid juga dapat digunakan. Jika keluhan tidak berkurang, segera konsultasikan dengan dokter, terutama jika memiliki riwayat alergi yang cukup serius.
Baca Artikel Lainnya :   5 Cara Tepat Mencegah Agar Tidak Terjadi Alergi

Sebagai penghasil venom, seperti terhadap bisa ular, telah tersedia antivenom terhadap racun ulat bulu. Namun dari sekian banyak jenis ulat bulu, hanya ada 1 jenis antivenom yang tersedia. Digunakan terutama untuk mencegah terjadinya kematian ternak dalam jumlah besar. Belum ada standar pengobatan khusus untuk kasus berat. Karena itu yang terbaik memang adalah tindakan pencegahan. Namun jika ternyata terjadi pada Anda, bisa ditangani dengan minum obat anti alergi yang kini dijual bebas, seperti ALERHIS.

Salam sehat selalu dari AkuMauSehat.com.

47 Komentar

  • 6 bulan yang lalu at 08:22
    Permalink

    Beli di apotek dan toko obat juga ada ka.

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 08:00
    Permalink

    alerhis obat anti alergi, bikin alergi hilang seketika mudah nyari nya juga di toko obat dan apotik sudah tersedia.

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 07:49
    Permalink

    Simpel sekarang kalau alergi,minum alerhis belinya mudah di apotik dan toko obat juga ada koq.

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 07:18
    Permalink

    Sekarang simpel kalo alergi langsung minum Alerhis , langsung hilang alerginya

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 07:15
    Permalink

    Langsung aja beli Alerhis tidak perlu repot lagi untuk pergi ke dokter

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 07:14
    Permalink

    Minum alerhis aja
    alerhis obat anti alergi, bikin alergi hilang seketika
    tersiksa karena alergi, alerhis solusinya
    alerhis memang manjur
    Alerhis sekarang gampang d cari d Apotek sama Toko obat sdh tersedia.

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 09:50
    Permalink

    Dari mulai ulat bulu sampai ulat sutra yg menyebabkan gatal…..cuma satu solusinya….ALERHIS

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 09:50
    Permalink

    Alergi ? Minum ALERHIS solusinya ๐Ÿ‘

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 09:40
    Permalink

    Ngeri sih ya ulet bulu, tapi aku selalu minum alerhis si buat atasi alergi ๐Ÿ™Œ๐Ÿป

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 05:37
    Permalink

    Obat alergi ku,, ya ALERHIS

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 05:32
    Permalink

    Sekarang simple kalau alergi minun aja alerhis

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 02:48
    Permalink

    Tersiksa karena alergi, alehis solusinya

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 20:29
    Permalink

    Kalau alergi obatnya ya alerhis, tanpa menyebabkan kantuk. Aktivitas jalan Trus..,๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 15:03
    Permalink

    Ketika saya alergi. Saya selalu minum ALERHIS. Seketika langsung hilang ๐Ÿ‘

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 14:55
    Permalink

    Saya pernah kena ulat bulu , rasa gatal yang menerus , sya minum Alerhis seketika hilang ๐Ÿ˜

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 19:53
    Permalink

    Kalau alergi minun sj alerhis…sdh bnyk diapotik tnp resep pula

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 18:15
    Permalink

    Kalo alergi pakai alerhis aja kak, bisa dibeli di apotek terdekat, dijamin manjur dan tanpa kantuk๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 18:05
    Permalink

    Jika kita mengalami gejala alergi, bentolยฒ merah ,ruam#!!!, jangan khawatir kak, ada produck ALERHIS, yang iklan di Tv tuh, cukup diminum 1x sehari ,alergi hilang seketika๐Ÿ‘ & ga bikin kantuk.

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 10:18
    Permalink

    Beli alerhis aja sudah tersedia di apotik

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 10:09
    Permalink

    Apapun alerginya.. Alerhis solusinya, Alergi Hilang Seketika

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 10:09
    Permalink

    Atasi alergi dengan ALERHIS .Dijamin alergi hilang seketika

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 10:08
    Permalink

    Saya termasuk orang yang Alergi sama ulat bulu ๐Ÿ˜Œ makanya sekarang saya kemana-mana bawa Alerhis untuk jaga-jaga.

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 09:52
    Permalink

    Kalau ALERGI Kambuh,minum ALERHIS saja. Sudah tersedia di apotek – apotek.Cepet sembuhkan alergi dan gak bikin ngantuk..mantabbb๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 09:19
    Permalink

    Alergi sekarang ga perlu ribet lagi minum aja alerhis cepat mengatasi alergi dan ga bikin kantuk

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 09:16
    Permalink

    alergi, minum alerhis aja

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 09:12
    Permalink

    Alerhis jos untuk obat alergi

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 08:10
    Permalink

    sekarang simple, kalau alergi minum aja alerhis

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 08:08
    Permalink

    alergi, minum alerhis aja
    Beli di apotek atau Toko obat.

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 08:07
    Permalink

    sekarang simple, kalau alergi minum aja alerhis

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 10:57
    Permalink

    Saya ketika alergi, minum alerhis ๐Ÿ‘
    Alergi saya hilang seketika,dan alerhis juga tidak bikin ngantuk.

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 10:54
    Permalink

    Tersiksa karena alergi.????
    ALERHIS solusi nya.. ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 08:54
    Permalink

    Kena alergi ulat bulu.. Jgn panik..
    Alerhis jg bisa lho…
    #Alerhis cepat atasi alergi

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 08:37
    Permalink

    Dulu sering sekali gatal2 dan bentol2 kena ulat bulu karena sering ke kebun, dan sembuhnya sampai berhari2๐Ÿ˜ญ. Tapi sekarang semenjak saya coba beli ada obat alergi baru dan ampuh yang mudah di dapatkannya karena tanpa resep dokter, ALERHIS nama obat nya

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 08:16
    Permalink

    Sekarang kalo alergi kambuh saya langsung minum alerhis, langsung hilang seketika dan tidak bikin ngantuk

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 08:16
    Permalink

    Sekarang kalo alergi kambuh saya langsung minum alerhis, langsung hilang seketika

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 08:12
    Permalink

    Apa pun gejala alergi aku percayakan skrng dengan minum alerhis…

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 08:05
    Permalink

    Skrg simpel klo alergi mnum alerhis

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 20:46
    Permalink

    Aku juga minum alerhis ni kalau alergi.

    Reply
  • 6 bulan yang lalu at 20:28
    Permalink

    alergi, minum alerhis aja

    Reply
    • 6 bulan yang lalu at 20:31
      Permalink

      Apapun macam alerginya minum alerhis aja

      Reply
    • 6 bulan yang lalu at 20:34
      Permalink

      Obat alergi ku,, ya ALERHIS

      Reply
    • 6 bulan yang lalu at 20:41
      Permalink

      Ngak takut lagi makan udang dengan selalu sedia ALERHIS

      Reply
    • 6 bulan yang lalu at 20:47
      Permalink

      Aku juga minum ni alerhis kalau alergi

      Reply
    • 6 bulan yang lalu at 20:50
      Permalink

      iya sama aku juga soalnya alerhis ngak buat ngantuk juga jd aman konsumsi diwaktu bekerja

      Reply
    • 6 bulan yang lalu at 21:01
      Permalink

      Pakai alerhis saja,sudah terjamin khasiat nya bro๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป

      Reply
  • 6 bulan yang lalu at 18:39
    Permalink

    beli alerhis aja tanpa resep dokter koq.

    Reply
  • 7 bulan yang lalu at 09:11
    Permalink

    beli aja alerhis, tanpa resep dokter koq
    Mantab x..alergi hilang seketika๐Ÿ‘

    Reply

Tinggalkan Komentar Anda