Klik Untuk Menilai Artikel ini
[Total: Rata-rata: ]

Cara Mengatasi Gangguan Susah Tidur?

Cara Mengatasi Gangguan Susah Tidur?

 

Tidur adalah aktivitas yang sangat penting bagi manusia. Tubuh kita memerlukan tidur untuk meregenerasi sel-sel yang rusak, meregulasi hormon, memperbaiki sel otot, dan membantu daya ingat. Sekumpulan gejala yang dapat mengganggu kemampuan untuk tidur sehari-hari disebut sebagai gangguan tidur. Gangguan tidur dapat disebabkan oleh masalah kecemasan dan penyakit lain. Gangguan tidur  dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit kronis, kelelahan organ tubuh, hilang fokus, penurunan tingkat kewaspadaan.

Faktanya, kebanyakan orang dewasa hanya tidur kurang dari 7 jam per hari. Menurut penelitian, orang dewasa membutuhkan tidur 7 sampai 9 jam per hari. Remaja dan anak-anak membutuhkan tidur lebih banyak karena mereka masih dalam masa pertumbuhan.

Sangat penting bagi kita di zaman sekarang untuk memahami apa saja yang termasuk kedalam gangguan tidur serta penanganan yang tepat.

Beberapa gangguan sulit tidur yaitu :

  1. Insomnia

 

sulit tidur, insonia
insomnia atau sulit tidur

Kesulitan untuk tertidur atau susah tidur malam. Kondisi ini dapat disebabkan karena jet lag, kecemasan, hormonal dan gangguan pencernaan. Insomnia dapat sangat mempengaruhi kesehatan Anda seperti, gangguan dalam berkonsentrasi, kecemasan, kegelisahan, depresi dan peningkatan berat badan. Prevalensi terbanyak insomnia yaitu pada wanita dan lansia.

2. Apnea Tidur

Apnea tidur adalah gangguan pernapasan tiba-tiba yang terjadi saat tidur. Kondisi ini cukup serius karena tubuh menjadi sesaat kekurangan oksigen dan menyebabkan Anda terbangun tengah malam. Penyebabnya dapat dibagi menjadi dua yaitu :

  • Apnea Tidur Obstruktif, yang disebabkan karena penyempitan jalur pernapasan
  • Apnea Tidur Pusat, yang disebabkan karena terputusnya koneksi antara jalur otak dan otot yang mengontrol pernapasan.

3. Parasomnia

 

 

sulit tidur, insomnia
tidur berjalan merupakan salah satu indikasi parasomnia

Parasomnia adalah kumpulan gangguan tidur yang ditunjukkan dengan pergerakan tidur yang abnormal seperti tidur berjalan, mengigau, mimpi buruk dan lain-lain.

Baca Artikel Lainnya :   #DiRumahAja : Hati-hati Ada Bahaya Lain Mengancam

 

Penyebab gangguan tidur dapat bervariasi. Beberapa penyebab Gangguan tidur seperti dibawah ini :

  • Alergi dan gangguan pernapasan

Alergi, flu atau infeksi saluran pernapasan atas dapat mengakibatkan anda merasa kesulitan bernapas saat malam hari sehingga mengganggu tidur.

  • Sering berkemih (buang air kecil) malam hari

Sering berkemih bisa sangat mengganggu tidur Anda karena harus terbangun. Biasanya penyakit hormonal seperti diabetes dan infeksi saluran kemih sering berujung pada gangguan tidur.

  • Nyeri yang kronis

Nyeri kronis seperti misalnya radang sendi, sakit kepala persisten, nyeri otot dan lain-lain.

  • Kecemasan

Kecemasan secara psikologis dapat mempengaruhi kualitas tidur menjadi tidak maksimal.

  • Bruxism

Adalah kebiasaan parafungsi berupa menggertakkan gigi (grinding) atau mengatupkan rahang atas dan bawah dengan keras (clenching).

Apabila Anda merasakan kesulitan untuk tertidur sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, biasanya mencari obat penenang. Ada baiknya jika mengalami gejala-gejala di atas segera konsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan dan memberikan pengobatan yang tepat.

Ada beberapa cara untuk membantu gangguan tidur jika disesuaikan dengan penyebabnya seperti ; obat tidur, suplemen melatonin, obat-obatan antialergi, menggunakan alat bantu pelindung gigi untuk mencegah bruxism, alat bantu pernapasan khusus untuk apnea tidur.

Sebelum Anda berobat ke dokter, Anda dapat melakukan perubahan gaya hidup untuk membantu tidur yang lebih berkualitas misalnya :

1.      Meningkatkan asupan makanan yang sehat seperti sayuran dan ikan ke dalam makanan anda dan kurangi asupan gula.

2.      Mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein tinggi, alkohol dan rokok

3.      Mengurangi stress dengan rutin berolahraga

4.      Tidak mengkonsumsi air terlalu banyak sebelum tidur

5.      Hindari berinteraksi dengan gadget sekitar 1 jam sebelum tidur.

6.      Minum suplemen yang dapat membantu mengatasi gangguan tidur

Baca Artikel Lainnya :   Cara Kerja Vitamin K2 Untuk Kekuatan Tulang Dan Jantung

Banyak di pasaran obat-obatan yang berdot merah (obat keras), ataupun obat-obatan berdot hijau dan biru yang sering digunakan oleh orang-orang yang mempunyai gangguan tidur. Namun sebenarnya obat-obatan tersebut bukanlah untuk indikasi mengatasi susah tidur, nama untuk indikasi penyakit yang lain, misalnya alergi, dsb namun memiliki efek samping mengantuk. Mengkonsumsi jenis obat-obatan yang seperti ini, tentunya sangat tidak disarankan, apalagi untuk pemakaian jangka panjang.

Namun Anda tidak perlu kuatir, karena dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berdasarkan penilitan yang dilakukan oleh para ahli, ada berita baik untuk Anda para penderita sulit tidur. Telah ditemukan zat dari tumbuhan yang bernama  Apocynum venetum dan Myristica fragrans yang terbukti efektif untuk mengatasi ganguan susah tidur.

Salah satu produk yang direkomenadasikan oleh AkuMauSehat adalah produk yang bernama FULAZ, yang diproduksi oleh PT LAPI LABORATORIES. PT LAPI LABORATORIES mengeluarkan produk Fulaz yang merupakan obat herbal (jamu) untuk meringankan gangguan sulit tidur. Obat atau Jamu ini mengandung bahan-bahan herbal alami yang berkualitas yaitu Apocynum Venetum Folium ekstrak 25mg dan Myristica Fragrans semen ekstrak 115mg yang aman dikonsumsi sehari-hari tanpa menggunakan resep dokter. Beberapa studi menunjukkan bahwa Apocynum Venetum Folium dapat memiliki efek penenang dan membantu mengurangi kecemasan serta stres. Tanaman ini diketahui mengandung senyawa seperti flavonoid dan asam amino yang dapat memiliki efek menenangkan pada sistem saraf. Sedangkan Myristica Fragrans semen mengandung senyawa-senyawa yang dapat memberikan dukungan pada kesehatan otak dan sistem saraf serta dapat memiliki efek neuroprotektif dan meningkatkan fungsi kognitif.

Jika Fulaz dikonsumsi 1 atau 2 tablet, 15 sampai 30 menit menjelang tidur, Fulaz dapat membantu mengatasi gangguan sulit  atau susah tidur (insomnia). Divalidasi dari website BPOM, produk Fulaz ini sudah mendapat ijin BPOM dan juga sertifikat Halal.

Baca Artikel Lainnya :   Ini Dia 6 Manfaat Penting dari Vitamin D Yang Kamu Harus Tahu

FULAZ juga tidak memiliki efek samping meskipun digunakan untuk pemakaian jangka panjang. Dengan minum FULAZ, membuat kualitas tidur jadi lebih baik. Jadi boleh dikatakan bahwa Fulaz adalah obat tidur yang aman. Fulaz juga merupakan obat tidur yang ampuh, sehingga begitu bangun di pagi hari, tubuh kembali bugar dan siap untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Obat tidur herbal Fulaz ini dapat dibeli di apotik dan toko obat terdekat, atau juga bisa dibeli secara online di LAPI Official ShopTiktok ShopTokopediaBukalapakBlibliLazada maupun Shopee.

gangguan sulit tidur, insomnia
Membantu Mengatasi Gangguan Sulit Tidur

47 Komentar

  • 10 bulan yang lalu at 07:26
    Permalink

    Artikel yg sangat bermanfaat.. Memang terkadang susah cari obat tidur yg cocok untuk tubuh kita, tpi setelah minum Fulaz terasa banget manfaatny selain tidur lebih nyenyak bangun juga terasa lebih segar. Mksih Fulaz.

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 22:23
    Permalink

    Terimakasih informasi sangat membantu.. yang jadi kebiasaan saya susah tidur dan mencoba fulaz akhirnya bisa tidur dan pagi hari fresh banget badan rasanya .. mantull deh pokoknya TOP BGT…

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 21:22
    Permalink

    Kemarin coba produk ini.. yang biasanya susah tidur jadi lebih mudah terlelapnya, badan terasa lebih rilex..

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 20:44
    Permalink

    Terimakasih informasinya 🙏
    Kadang saya juga susah tidur karna aktifitas kerja dan kurangnya olahraga. Sudah coba minum beberapa produk untuk membantu agar bisa tidur, tetapi belum ada yg cocok.
    Setelah disarankan dan saya coba minum FULAZ. Ternyata saya bisa tidur dengan pulas dan ketika bangun badan serasa lebih enteng. 👍

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 20:40
    Permalink

    Fulaz paling ampuh untuk mengatasi ngantuk

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 20:37
    Permalink

    Terimakasih info nya…
    Saya akan selalu sedia fulaz di rumah…
    Soal nya istri saya sering susah tidur.

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 20:36
    Permalink

    Terimakasih informasinya nya min, sangat bermanfaat. Semoga dengan adanya fulaz, saya bisa tidur pulas dan nyenyak..

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 20:32
    Permalink

    Terima kasih informasi yg sangat bermanfaat, semoga dengan minum fulaz bisa membantu saya saat susah tidur..

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 20:28
    Permalink

    Terimakasih untuk informasinya kak, istri saya sering kebangun tengah malam dan susah tidur lagi, semoga fulaz ini bisa membantu tidur pulas, 🥰🥰

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 19:46
    Permalink

    Makasih untuk infonya.. saya akan sedia Fulaz buat jaga2 klo saya sdg ada gangguan tdk bisa tidur

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 18:01
    Permalink

    Terimakasih informasi nya..
    Setelah pakai fulaz saya bisa tidur lebih awal dan Bagun pagi badan terasa lebih fres dan segar👍👍

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 17:11
    Permalink

    Terima kasih atas artikel kesehatan yg bermanfaat, kebetulan org tua sy susah tidur jd obat fulaz bisa sy beli kan utk ortu sy

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 16:54
    Permalink

    Emang susah tidur tu bikin payah dan cemas, kemaren aku drekomandisakan dari apotek suruh Makai FULAZ, beh ternyata FULAZ efeknya mantep langsung tidur lelap deh

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 16:44
    Permalink

    Terimakasih Artikelnya sangat membantu, memang di zaman sekarang banyak sekali permasalahan gangguan sulit tidur, tapi saya sudah punya solusi yg tepat untuk mengatasi gangguan sulit tidur dengan FULAZ terbukti manjur.

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 16:33
    Permalink

    Fulaz manjir bgt, baru 15 menit setelah minum lsng tdur nyenyak

    Reply
    • 10 bulan yang lalu at 16:34
      Permalink

      Badan juga segar pas bangun..

      Reply
  • 10 bulan yang lalu at 16:33
    Permalink

    Setelah saya minum fulaz, tidur saya jadi cepat, pas bangun badan juga lebih segar..

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 16:31
    Permalink

    Sudah coba kmren beli di apotek dan hasilnya mantap

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 16:30
    Permalink

    Bagus ni FULAZ, kemarin aku cobain produk ini pas lagi susah tidur. Efekenya cepet banget bikin ngantuk, bangun tidur juga rasanya badanya relaks banget…
    Recommend deh Fulaz…

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 16:23
    Permalink

    Artikel sangat bermanfaat , saya sulit tidur dan akhirnya ada produk yg akan mengatasi susah tidur produk Fulaz.

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 16:20
    Permalink

    Kadang badan ini lelah sekali, tapi sulit utk tidur. TAPI Setelah minum FULAZ.
    wow 20 menitan langsung tidur pulas.
    Asli FULAZ bikin tidur pulas

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 16:13
    Permalink

    Fulaz memang obat paling cocok untuk yang ada gangguan tidur,aku aja coba minum cuma 5 menit langsung ngantuk

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 16:13
    Permalink

    Artikelnya sangat membantu, setelah baca artikel saya langsung beli Fulaz, saya minum dan obatnya ternyata manjur

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 16:09
    Permalink

    Fulaz memang benar2 ampuh untuk mengatasi susah tidur

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 16:08
    Permalink

    Thanks informasi nya.
    Istri kadang susah tidur malam. Alhamdulillah setelah minum fulaz 5 menit sdh tidur pulazz

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 16:05
    Permalink

    Fulaz obat paling ampuh untuk meringankan gangguan sulit tidur..
    Saya sudah pernah coba 10 menit langsung pules tidur nya..

    Terimakasih Fulaz

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 16:01
    Permalink

    Mantaappp emang FULAZ.. 10 menit langsung terasa khasiatnya.. Kualitas tidur saya pun menjadi baik.. 👍👍

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 15:59
    Permalink

    Makasih info ny sy sulit tidur Krn aktivitas krj
    Semoga produk fulaz bsa membantu masalah sy

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 15:50
    Permalink

    Sy sdh gunakan jg produk FULAZ ini.
    Membuat tidur sy sangat bagus dan esok pagi nya badan jdi enak.
    Terimakasih FULAZ

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 15:18
    Permalink

    Informasi yg sangat bermanfaat. Saya jg mengalami susah tidur. Kalau bangun badan rasanya gak enak,pegel2, gak vit.. Pingin coba Fulaz nih,infonya bagus banget untuk atasi Susah tidur, bikin tidur jadi nyenyak..

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 15:17
    Permalink

    Saya pernah coba minum produk lain. Tapi gak ngarus tetap saja susah tidur padahal udah minum 2 tablet 1x minum… saya mau coba minum produk FULAZ semoga bisa bikin saya cepat tidur…

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 15:02
    Permalink

    Setelah minum fulaz tidur jadi nyaman

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 14:39
    Permalink

    Trima kasih artikelnya sya skrng jdi tau klo sya parasomnia,utk gangguan tidur wajib beli Fulaz nih👍❤️

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 14:24
    Permalink

    Terima kasih info nya sangat bermanfaat, saya susah tidur kalo malem
    Sekarang saya mau pakai prodak fulaz
    Semoga bisa membantu saya

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 14:23
    Permalink

    Terima kasih informasi yg sangat bermanfaat, sy bila tugas kerja ke luar kota susah sekali tidur, semoga dengan minum fulaz bisa membantu saya saat susah tidur .

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 14:21
    Permalink

    Memang terbukti sih lsg tidur minum fulaz.

    Reply
    • 10 bulan yang lalu at 14:29
      Permalink

      obat tidur 5mnt langsung tepar😴

      Reply
    • 10 bulan yang lalu at 15:19
      Permalink

      Saya udh coba minum broduk lain tapi tetap saja susah tidurnya padahal udh coba 2 tablet 1x minum hasilnya sama aja bahkan makin susah tidur. Sekarang saya mau coba FULAZ moga bisa bikin saya cepat tidur

      Reply
    • 10 bulan yang lalu at 15:23
      Permalink

      Memang sudah terbukti,semenjak saya pakai fulaz,saya sudah tidah pernah lagi begadang,fulaz memang yahuutt..

      Reply
    • 10 bulan yang lalu at 16:13
      Permalink

      Iya bener ni
      Aku juga minum fulaz
      Gk sampe 5 mnit langsung tidur

      Reply
  • 10 bulan yang lalu at 14:21
    Permalink

    Fulaz sangat membantu saya agar tidur dengan pulas,Mantapp…

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 14:20
    Permalink

    Terbaik mah fulaz bener pake ini obat

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 14:19
    Permalink

    Terimakasi informasinya. Saya sdh gunakan. Ternyata fulaz manjur banget…

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 14:10
    Permalink

    Kdang ada kerjaaan lembur, setelah selesai malah jadi susah tidur, Saya coba kmaren pake produk fulaz ini,sangat bagus tidur jd lebih cepat & nyenyak

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 14:09
    Permalink

    Artikel sangat bermanfaat , saya pribadi sulit tidur dan akhirnya ada produk yg akan mengatasi susah tidur produk Fulaz, Terima kasih.

    Reply
  • 10 bulan yang lalu at 14:00
    Permalink

    Terimakasih Informasinya, saya sering sulit tidur krena aktifitas kerja dan kurangnya berolahraga. Terkadang bagun tidur badan terasa sakit terutama di bagian leher ke atas.

    Saya juga coba beberapa produk di apotek tapi efeknya ngak terlalu terasa.

    Semoga produk Fulaz ini bisa membantu saya mengatasi masalah saya.

    Terimakasih (^_^).

    Reply

Tinggalkan Komentar Anda