Klik Untuk Menilai Artikel ini
[Total: Rata-rata: ]

Loratadine vs Cetirizine, Jenis Obat Alergi yang Wajib Diketahui!

Akumausehat, Jakarta – Alergi adalah suatu reaksi sistem imun tubuh yang berlebihan terhadap benda asing yang sebenarnya tidak membahayakan tubuh. Beberapa contoh yang dapat menimbulkan reaksi alergi misalnya makanan, debu, dan bulu binatang.  Sesuatu yang menimbulkan gejala alergi disebut dengan alergen. Jika Anda salah satu dari orang-orang yang sering mengalami reaksi alergi, maka dapat dipastikan menjadi pengguna obat anti alergi atau biasa disebut reguler antihistamin.

Loratadine atau Cetirizin itu obat apa?

Obat Anti histamin dibuat untuk menekan reaksi histamin pada tubuh ketika terpapar dengan zat alergen. Dua jenis obat tersebut telah banyak digunakan saat ini, yaitu Cetirizine dan Loratadine. Obat ini diindikasikan untuk alergi biasa, mata berair, gatal, dan bersin, tetapi tidak diresepkan untuk digunakan dalam gatal-gatal dan alergi yang bersifat sistemik.

Loratadine atau Cetirizin adalah salah satu obat untuk meredakan gejala alergi , seperti bersin, hidung meler, mata berair, ruam kulit yang terasa gatal, atau biduran. Pada orang yang alergi , paparan zat pemicu (alergen) akan meningkatkan produksi dan kerja histamin, sehingga muncul keluhan dan gejala alergi. Obat ini dijual bebas dan bekerja cukup efektif. Perbedaan yang paling signifikan adalah pada efek sampingnya yaitu rasa kantuk.

Pertimbangkan efek samping ini apabila Anda akan memilih obat alergi!

Perbedaan Antara Loratadine vs Cetirizine

Terdapat  berbagai macam obat alergi yang dapat anda temui tanpa resep dokter atau disebut sebagai over-the-counter (OTC) drug. Diantaranya yang paling populer adalah loratadine dan cetirizine. Keduanya adalah obat anti alergi yang mudah didapat. Tetapi terdapat beberapa perbedaan yang perlu anda ketahui untuk memilih obat alergi yang tepat.

  • Bagaimana sih cara kerjanya?
Baca Artikel Lainnya :   Yuk, Ketahui Penyebab Anak Susah Makan

Perbedaannya terletak juga pada durasi kerja. Loratadine bekerja relatif lebih lamban dibandingkan dengan Cetirizine. Namun Loratadine dapat bertahan lebih lama di dalam tubuh. Saat tubuh menemukan sesuatu paparan asing penyebab alergi, maka akan merangsang pengeluaran histamin. Zat histamin inilah yg menimbulkan berbagai macam gejala alergi seperti hidung gatal, bengkak, kulit bentol dan gatal sehingga diperlukanlah obat anti histamin.

  • Efek samping?

Pada umumnya loratadine dan cetirizine cukup aman, tetapi terdapat beberapa efek samping. Cetirizine akan menyebabkan kantuk pada beberapa orang. Sebaiknya tidak diminum saat Anda berkendara! Loratadine dapat menjadi pilihan, karena tidak menyebabkan kantuk.

Baik loratadine dan cetirizine tidak berbahaya untuk ibu hamil, namun sebaiknya konsultasikan dahulu pada Dokter

2 Komentar

  • 11 bulan yang lalu at 00:02
    Permalink

    terimakasih infonya..

    Reply
    • 11 bulan yang lalu at 14:26
      Permalink

      Hallo ka,
      Sama-sama

      Reply

Tinggalkan Komentar Anda