Klik Untuk Menilai Artikel ini
[Total: Rata-rata: ]

Bintitan, Jangan Sepelekan Penyakit Mata Ini!

Mata merupakan salah satu dari panca indera yang berfungsi untuk melihat. Menjaga kesehatan mata sangat diperlukan karena mata rentan terkena debu serta kotoran.  Jika terkena debu dan kotoran, gangguan pada mata pun dapat terjadi. Salah satu gangguan pada mata yang umum adalah bintitan.

Penyakit bintitan memiliki nama medis Hordeolum. Penyakit mata ini dapat menyerang semua usia. identik dengan benjolan kecil yang berada di dalam atau di luar kelopak mata. Bintitan terjadi ketika kelenjar minyak yang ada di tepi kelopak mata mengalami infeksi. Meskipun belum banyak diketahui, sebenarnya penyebab bintitan secara medis adalah bakteri staphylococcal.

Bentuk penyakit mata yang satu ini sebenarnya menyerupai jerawat di kelopak mata. Meski tidak menganggu penglihatan secara langsung, penyakit ini dapat mengganggu penampilan sehingga mempengaruhi tingkat percaya diri. Biasanya, bintitan dapat diobati atau hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari.

Jika terkena penyakit mata satu ini, jangan coba-coba untuk memegang atau bahkan memencet sendiri benjolan yang ada. Biarkan bintitan tersebut agar pecah atau kempes dengan sendirinya sehingga kuman yang ada di tangan tidak memperparah kondisinya.

Jika bintitan terjadi di dalam kelopak mata dan sulit untuk pecah atau frekuensinya semakin sering terjadi, mengunjungi dokter mata merupakan solusi terbaik agar mendapatkan penanganan yang lebih serius. Ibu, apabila Ibu atau anggota keluarga terkena bintitan, jangan sepelekan penyakit mata ini, ya. Ingatkan anggota keluarga agar selalu menjaga kebersihan tangan pada saat menyentuh mata agar bintitan dan infeksi lainnya pada mata dapat dicegah.

 

Tinggalkan Komentar Anda

+ 46 = 53