Klik Untuk Menilai Artikel ini
[Total: Rata-rata: ]

Sayangi Sendimu Dengan Melakukan Terapi Air

 

Hidroterapi sebenarnya bukan hal yang baru bagi kesehatan manusia. Pada zaman Yunani kuno, Mesir dan Roma telah dikenal cara terapi menggunakan air. Mulai dari sejarah keagamaan seperti bangsa Mesir yang percaya akan kemampuan sungai Nil menyembuhkan penyakit, demikian juga dengan sungai Gangga di India. Berkembang lagi pada penggunaan air di luar sungai, penggunaan kolam atau penampungan air juga dilakukan sebagai upaya memperoleh kesehatan dan kecantikan. Menambahkan bunga dan berbagai ramuan dipercaya menambah khasiat terapi air. Kebudayaan Jerman dan Jepang dengan berendam dalam air panas juga didapati meningkatkan efek terapi.

Berbicara tentang terapi dalam air secara umum tidak sepenuhnya sama dengan hidroterapi yang dikenal saat ini. Istilah hidroterapi yang dikenal saat ini merujuk pada terapi menggunakan air yang dilakukan oleh terapis profesional dengan tujuan mengatasi gangguan fisik dan membantu proses penyembuhan penyakit. Ternyata tidak hanya memiliki efek terapi fisik, hidroterapi ini juga mempunyai efek psikologis. Ini menjadi alasan dikenalnya juga istilah healing power of water / water cure. Manfaat yang telah diketahui sejak lama, dengan perkembangan ilmu pengetahuan mendapatkan berbagai modifikasi untuk meningkatkan efek terapinya. Hidroterapi diketahui mempunyai efek positif bagi berbagai kondisi dan penyakit. Namun terhadap kesehatan sendi, hidroterapi bermanfaat dalam hal berikut ini:

- Prinsipnya penderita gangguan sendi mengalami peradangan dan keterbatasan gerak. Kondisi ini menimbulkan juga rasa nyeri. Hidroterapi diketahui berguna memperluas gerak sendi dan akan mengurangi keluhan nyeri. Aktivitas dan latihan tersebut terasa berat dan sulit dilakukan karena kondisi sendi ditambah dengan pengaruh beban tubuh. Terlebih pada mereka yang mengalami kelebihan berat badan justru akan mengalami kondisi lebih buruk bila dipaksa untuk melakukan gerakan dan latihan tertentu. Air dapat mengurangi efek gravitasi bumi hingga 90%. Sehingga latihan dapat dilakukan tanpa terbebani oleh berat tubuh. Berapa kedalaman air yang dibutuhkan akan diatur menurut kondisi dan keperluan masing-masing orang.

- Hidroterapi juga menggunakan air dengan suhu tertentu, dari 18-40oC yang mempunyai efek meningkatkan peredaran darah yang dapat mempercepat berkurangnya inflamasi yang juga akan mengurangi rasa nyeri serta memperluas gerakan sendi.

- Efek terapi yang dimiliki oleh hidroterapi ini didapat dari sifat fisik air (daya apung, tekanan, kekentalan dan densitas), suhu dan arusnya.

- Hidroterapi diberikan secara bervariasi, tergantung kepada kondisi dan efek terapi yang diinginkan. Misalnya pada anak tidak diberikan air dengan suhu ekstrim. Bagi mereka yang sendinya dalam keadaan bengkak oleh penyakit tertentu seperti artritis rematik, atau pasca operasi tulang,  biasanya akan dimulai dengan terapi air dingin untuk menekan ujung saraf nyeri dan menimbulkan efek mengecilkan diameter pembuluh darah yang akan mengurangi peredaran darah dan pembengkakan di lokasi tersebut. Namun pada kondisi tertentu akan dikombinasikan dengan suhu panas untuk melebarkan pembuluh darah sehingga mengurangi kekakuan.

Hidroterapi biasanya dilakukan di fasilitas kesehatan atau fasilitas khusus hidroterapi. Tapi bukan berarti manfaat terapi air ini tidak dapat dilakukan sendiri. Setelah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisi Anda dan tehnik mana yang paling tepat, Anda dapat melakukan sendiri untuk mengefektifkan proses terapi. Bagi Anda yang tidak memiliki keluhan sendi, berenang ditambah dengan gerakan senam tertentu di dalam air akan memberikan manfaat bagi otot dan sendi gerakan senam tertentu akan sangat bermanfaat, terutama bagi yang mengalami kelebihan berat badan dan ingin melakukan olah raga.

 

Tinggalkan Komentar Anda

17 + = 24