Categories: Kesehatan Umum

Cara Mengatasi Gangguan Susah Tidur?

Cara Mengatasi Gangguan Susah Tidur?

Tidur adalah aktivitas yang sangat penting bagi manusia. Tubuh kita memerlukan tidur untuk meregenerasi sel-sel yang rusak, meregulasi hormon, memperbaiki sel otot, dan membantu daya ingat. Sekumpulan gejala yang dapat mengganggu kemampuan untuk tidur sehari-hari disebut sebagai gangguan tidur. Gangguan tidur dapat disebabkan oleh masalah kecemasan dan penyakit lain. Gangguan tidur  dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit kronis, kelelahan organ tubuh, hilang fokus, penurunan tingkat kewaspadaan.

Faktanya, kebanyakan orang dewasa hanya tidur kurang dari 7 jam per hari. Menurut penelitian, orang dewasa membutuhkan tidur 7 sampai 9 jam per hari. Remaja dan anak-anak membutuhkan tidur lebih banyak karena mereka masih dalam masa pertumbuhan.

Sangat penting bagi kita di zaman sekarang untuk memahami apa saja yang termasuk kedalam gangguan tidur serta penanganan yang tepat.

Beberapa gangguan sulit tidur yaitu :

  1. Insomnia

insomnia atau sulit tidur

Kesulitan untuk tertidur atau susah tidur malam. Kondisi ini dapat disebabkan karena jet lag, kecemasan, hormonal dan gangguan pencernaan. Insomnia dapat sangat mempengaruhi kesehatan Anda seperti, gangguan dalam berkonsentrasi, kecemasan, kegelisahan, depresi dan peningkatan berat badan. Prevalensi terbanyak insomnia yaitu pada wanita dan lansia.

2. Apnea Tidur

Apnea tidur adalah gangguan pernapasan tiba-tiba yang terjadi saat tidur. Kondisi ini cukup serius karena tubuh menjadi sesaat kekurangan oksigen dan menyebabkan Anda terbangun tengah malam. Penyebabnya dapat dibagi menjadi dua yaitu :

  • Apnea Tidur Obstruktif, yang disebabkan karena penyempitan jalur pernapasan
  • Apnea Tidur Pusat, yang disebabkan karena terputusnya koneksi antara jalur otak dan otot yang mengontrol pernapasan.

3. Parasomnia

tidur berjalan merupakan salah satu indikasi parasomnia

Parasomnia adalah kumpulan gangguan tidur yang ditunjukkan dengan pergerakan tidur yang abnormal seperti tidur berjalan, mengigau, mimpi buruk dan lain-lain.

Penyebab gangguan tidur dapat bervariasi. Beberapa penyebab Gangguan tidur seperti dibawah ini :

  • Alergi dan gangguan pernapasan

Alergi, flu atau infeksi saluran pernapasan atas dapat mengakibatkan anda merasa kesulitan bernapas saat malam hari sehingga mengganggu tidur.

  • Sering berkemih (buang air kecil) malam hari

Sering berkemih bisa sangat mengganggu tidur Anda karena harus terbangun. Biasanya penyakit hormonal seperti diabetes dan infeksi saluran kemih sering berujung pada gangguan tidur.

  • Nyeri yang kronis

Nyeri kronis seperti misalnya radang sendi, sakit kepala persisten, nyeri otot dan lain-lain.

  • Kecemasan

Kecemasan secara psikologis dapat mempengaruhi kualitas tidur menjadi tidak maksimal.

  • Bruxism

Adalah kebiasaan parafungsi berupa menggertakkan gigi (grinding) atau mengatupkan rahang atas dan bawah dengan keras (clenching).

Apabila Anda merasakan kesulitan untuk tertidur sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, biasanya mencari obat penenang. Ada baiknya jika mengalami gejala-gejala di atas segera konsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan dan memberikan pengobatan yang tepat.

Ada beberapa cara untuk membantu gangguan tidur jika disesuaikan dengan penyebabnya seperti ; obat tidur, suplemen melatonin, obat-obatan antialergi, menggunakan alat bantu pelindung gigi untuk mencegah bruxism, alat bantu pernapasan khusus untuk apnea tidur.

Sebelum Anda berobat ke dokter, Anda dapat melakukan perubahan gaya hidup untuk membantu tidur yang lebih berkualitas misalnya :

1.      Meningkatkan asupan makanan yang sehat seperti sayuran dan ikan ke dalam makanan anda dan kurangi asupan gula.

2.      Mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein tinggi, alkohol dan rokok

3.      Mengurangi stress dengan rutin berolahraga

4.      Tidak mengkonsumsi air terlalu banyak sebelum tidur

5.      Hindari berinteraksi dengan gadget sekitar 1 jam sebelum tidur.

6.      Minum suplemen yang dapat membantu mengatasi gangguan tidur

Banyak di pasaran obat-obatan yang berdot merah (obat keras), ataupun obat-obatan berdot hijau dan biru yang sering digunakan oleh orang-orang yang mempunyai gangguan tidur. Namun sebenarnya obat-obatan tersebut bukanlah untuk indikasi mengatasi susah tidur, nama untuk indikasi penyakit yang lain, misalnya alergi, dsb namun memiliki efek samping mengantuk. Mengkonsumsi jenis obat-obatan yang seperti ini, tentunya sangat tidak disarankan, apalagi untuk pemakaian jangka panjang.

Namun Anda tidak perlu kuatir, karena dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berdasarkan penilitan yang dilakukan oleh para ahli, ada berita baik untuk Anda para penderita sulit tidur. Telah ditemukan zat dari tumbuhan yang bernama Apocynum venetum dan Myristica fragrans yang terbukti efektif untuk mengatasi ganguan susah tidur.

Salah satu produk yang direkomenadasikan oleh AkuMauSehat adalah produk yang bernama FULAZ, yang diproduksi oleh PT LAPI LABORATORIES. PT LAPI LABORATORIES mengeluarkan produk Fulaz yang merupakan obat herbal (jamu) untuk meringankan gangguan sulit tidur. Obat atau Jamu ini mengandung bahan-bahan herbal alami yang berkualitas yaitu Apocynum Venetum Folium ekstrak 25mg dan Myristica Fragrans semen ekstrak 115mg yang aman dikonsumsi sehari-hari tanpa menggunakan resep dokter. Beberapa studi menunjukkan bahwa Apocynum Venetum Folium dapat memiliki efek penenang dan membantu mengurangi kecemasan serta stres. Tanaman ini diketahui mengandung senyawa seperti flavonoid dan asam amino yang dapat memiliki efek menenangkan pada sistem saraf. Sedangkan Myristica Fragrans semen mengandung senyawa-senyawa yang dapat memberikan dukungan pada kesehatan otak dan sistem saraf serta dapat memiliki efek neuroprotektif dan meningkatkan fungsi kognitif.

Jika Fulaz dikonsumsi 1 atau 2 tablet, 15 sampai 30 menit menjelang tidur, Fulaz dapat membantu mengatasi gangguan sulit  atau susah tidur (insomnia). Divalidasi dari website BPOM, produk Fulaz ini sudah mendapat ijin BPOM dan juga sertifikat Halal.

FULAZ juga tidak memiliki efek samping meskipun digunakan untuk pemakaian jangka panjang. Dengan minum FULAZ, membuat kualitas tidur jadi lebih baik. Jadi boleh dikatakan bahwa Fulaz adalah obat tidur yang aman. Fulaz juga merupakan obat tidur yang ampuh, sehingga begitu bangun di pagi hari, tubuh kembali bugar dan siap untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Obat tidur herbal Fulaz ini dapat dibeli di apotik dan toko obat terdekat, atau juga bisa dibeli secara online di LAPI Official Shop, Tiktok Shop, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada maupun Shopee.

Membantu Mengatasi Gangguan Sulit Tidur

View Comments

  • Artikel yg sangat bermanfaat.. Memang terkadang susah cari obat tidur yg cocok untuk tubuh kita, tpi setelah minum Fulaz terasa banget manfaatny selain tidur lebih nyenyak bangun juga terasa lebih segar. Mksih Fulaz.

  • Terimakasih informasi sangat membantu.. yang jadi kebiasaan saya susah tidur dan mencoba fulaz akhirnya bisa tidur dan pagi hari fresh banget badan rasanya .. mantull deh pokoknya TOP BGT...

  • Kemarin coba produk ini.. yang biasanya susah tidur jadi lebih mudah terlelapnya, badan terasa lebih rilex..

  • Terimakasih informasinya 🙏
    Kadang saya juga susah tidur karna aktifitas kerja dan kurangnya olahraga. Sudah coba minum beberapa produk untuk membantu agar bisa tidur, tetapi belum ada yg cocok.
    Setelah disarankan dan saya coba minum FULAZ. Ternyata saya bisa tidur dengan pulas dan ketika bangun badan serasa lebih enteng. 👍

  • Terimakasih info nya...
    Saya akan selalu sedia fulaz di rumah...
    Soal nya istri saya sering susah tidur.

  • Terimakasih informasinya nya min, sangat bermanfaat. Semoga dengan adanya fulaz, saya bisa tidur pulas dan nyenyak..

  • Terima kasih informasi yg sangat bermanfaat, semoga dengan minum fulaz bisa membantu saya saat susah tidur..

  • Terimakasih untuk informasinya kak, istri saya sering kebangun tengah malam dan susah tidur lagi, semoga fulaz ini bisa membantu tidur pulas, 🥰🥰

  • Makasih untuk infonya.. saya akan sedia Fulaz buat jaga2 klo saya sdg ada gangguan tdk bisa tidur

1 2 3 5