Klik Untuk Menilai Artikel ini
[Total: Rata-rata: ]

Mengantuk Saat Kerja? Ini Solusinya

 

     Diserang oleh rasa mengantuk adalah sesuatu yang umum dirasakan setiap orang. Masalahnya kalau terjadi terlalu sering tentu akan mengganggu. Di luar gangguan tersebut, mungkin juga timbul pertanyaan apakah hal ini normal? Tubuh manusia umumnya tunduk pada irama sirkadian, yaitu jam biologis yang mengatur berbagai proses dalam tubuh selama 24 jam. Di antaranya adalah mengatur jam tidur dan bangun kita. Manusia adalah makhluk diurnal, giat di siang hari dan tidur di malam hari. Untuk orang dewasa, tidur malam 7-8 jam dianggap cukup ideal dan seharusnya di luar waktu tersebut manusia dapat beraktivitas tanpa terlalu terganggu oleh rasa mengantuk. Sekali-sekali kantuk datang adalah wajar, misalnya sehabis makan. Selain pengaruh hormon yang diproduksi untuk memproses makanan, kantuk sehabis makan juga disebabkan  aliran darah sesaat lebih terfokus pada sistem pencernaan. Ini tidak adakan berlangsung lama. Untuk mencegah ngantuk terlalu lama, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  1. Berjalan santai selama beberapa menit di saat sedang ngantuk-ngantuknya. Kenaikan curah jantung akan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh termasuk otak dan ngantuk akan berkurang/hilang.
  2. Hindari makan terlalu kenyang, terutama makanan yang tinggi karbohidrat dan protein cenderung meningkatkan rasa ngantuk.
  3. Tidak ada salahnya Anda memanfaatkan waktu istirahat Anda untuk memejamkan mata bahkan lelap selama 15-20 menit. Anda pasti akan merasa lebih segar setelahnya.

     Bila Anda merasa sangat terganggu oleh kantuk karena sampai kepada taraf mengganggu aktivitas Anda untuk waktu yang cukup lama, maka Anda perlu memeriksa beberapa hal berikut:

  1. Apakah tidur malam Anda mencapai 7-8 jam?
  2. Apakah kualitas tidur Anda cukup baik? Mengorok, sleep apneu (tidak bernafas hingga >10 detik) atau sering terbangun menyebabkan kualitas tidur yang tidak baik. Tidur Anda tidak berhasil memulihkan stamina dan kondisi tubuh Anda.
  3. Apakah Anda mengidap penyakit tertentu yang berefek pada gejala ngantuk atau lemas seperti diabetes, hipotiroid atau hiponatremia. Untuk memastikannya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.
  4. Apakah Anda mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang mengakibatkan ngantuk seperti beberapa jenis obat flu, alergi dll.
  5. Anda mengalami stress oksidatif, di mana terlalu banyak radikal bebas yang yang tidak dapat dinetralisir oleh tubuh Anda. Untuk mengimbanginya Anda dapat memperoleh antioksidan dari berbagai sayur, buah, suplemen antioksidan seperti Vipro-G serta melakukan olah raga rutin minimal 3 kali seminggu. Perbaiki juga beberapa faktor lain bila ada seperti merokok dan alkohol.
 

Tinggalkan Komentar Anda

+ 74 = 84