Klik Untuk Menilai Artikel ini
[Total: Rata-rata: ]

Mengenal Manfaat Epigallocatechin

 
Bagi sebagian orang Epigallocatechin gallate (EGCG) terdengar masih asing. Tapi Anda  pasti sudah sangat familiar dengan teh hijau. Jika Anda selama ini mengenal teh hijau sebagai minuman yang kaya manfaat, maka EGCG memiliki semua manfaat teh hijau tersebut, ditambah dengan keunggulan lainnya. Mengapa? Karena EEGC adalah zat aktif utama yang terkandung dalam teh hijau. Setelah melalui proses khusus, dihasilkan ekstrak teh hijau yang dipilih sesuai manfaatnya. Seperti diketahui, teh hijau juga mengandung kafein. Tergantung tujuannya, ekstrak EGCG dapat dimurnikan tanpa kandungan kafein, untuk menghindari efek samping kafein seperti gangguan lambung. Dari penelitian, kafein yang terdapat dalam teh dan kopi dapat melonggarkan otot bagian atas lambung, sehingga pada orang tertentu dapat mengakibatkan asam lambung mengalami refluks ke atas. Namun bagi yang tidak bermasalah dengan lambung, EGCG ditambah kafein akan meningkatkan efek penurunan lemak tubuh.
Dari uraian di atas saja, EGCG sudah dapat menjadi primadona bagi kalangan tertentu yang ingin meningkatkan kesehatan dari efek yang ditimbulkan, yaitu:
  1. Menurunkan level kolesterol darah.
  2. kesehatan pembuluh darah, jantung, termasuk otak.
  3. Membantu menurunkan berat badan.
Satu lagi manfaat utama teh hijau secara umum, atau EGCG secara khusus adalah potensinya sebagai antioksidan. Memiliki efek antioksidan tinggi berati mempunyai kemampuan besar untuk menetralisir radikal bebas yang ada dalam tubuh. Hasilnya adalah sel tubuh yang lebih sehat, tidak mudah dirusak oleh kondisi lingkungan. Indikatornya terlihat dari:
  1. Kulit sehat, tidak kusam atau kering.
  2. Tidak mudah lelah atau sakit.
  3. Semua organ dapat diharapkan berfungsi normal, sesuai usia biologis. Bahkan jika didukung oleh faktor positif lainnya seperti diet seimbang, olah raga dan istirahat cukup, sebagian besar akan terlihat lebih muda dari usia biologisnya.
  4. Ini juga berarti mengurangi kecenderungan sel untuk berubah menjadi sel kanker.

Epigallocatechin gallate (EGCG)

Nama ini mungkin agak asing, namun sebenarnya merupakan sesuatu yang telah sangat dikenal. EGCG adalah zat aktif utama dalam daun teh hijau. Banyak orang menyadari manfaat teh hijau, dan memanfaatkannya sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu. Karenanya kemudian dari daun yang ditanam dengan baik, diambil bagian terbaik, kemudian diproses secara khusus, menghasilkan ekstrak EGCG ini. Apa saja manfaat EGCG yang telah dipelajari:
Sebuah penelitian in vitro terbaru di tahun 2020 memperlihatkan hasil yang menggembirakan dengan pemberian EGCG untuk mendampingi terapi lini pertama penderita TBC paru. Anda mungkin pernah mengetahui bahwa standar pengobatan TBC paru adalah dengan 4 macam obat yang dikonsumsi selama minimal 6 bulan. Inilah yang dimaksud sebagai terapi lini pertama. Dengan penambahan EGCG, dosis obat utama dapat dikurangi, dengan memperoleh hasil yang sama baiknya. Artinya, efek samping pengobatan yang selama ini mungkin dialami oleh penderita, dan mengakibatkan penghentian obat seperti: mual, gangguan hati dan lain-lain dapat diperkecil atau bahkan dihilangkan sama sekali.
Salah satu sediaan yang mengandung EGCG pilihan adalah vipro-G. Dengan tambahan kandungan lainnya yaitu vitamin C dosis tinggi, zinc picolinate dan taurin, vipro-G memang diformulasikan sebagai produk andalan bagi mereka yang ingin mendapatkan perlindungan optimal dari berbagai penyakit dan radikal bebas, serta mempertahankan kondisi dan stamina tubuh  dalam kondisi yang berat sekalipun.
 

Tinggalkan Komentar Anda

41 + = 42