Klik Untuk Menilai Artikel ini
[Total: Rata-rata: ]

WASPADA! Alergi Udang adalah Penyakit Turunan, Benarkah?

Akumausehat, Jakarta – Alergi adalah suatu reaksi sistem imun tubuh yang berlebihan terhadap benda asing yang sebenarnya tidak membahayakan tubuh. Beberapa contoh yang dapat menimbulkan reaksi alergi misalnya makanan, sentuhan, hirupan langsung, debu, dan bulu binatang.  Sesuatu yang menimbulkan gejala alergi disebut dengan alergen. Misalnya alergi udang. Lantas, benarkah gangguan kesehatan satu ini terjadi karena diturunkan atau ada hal lainnya?

Alergi terhadap udang, bagaimana bisa?

Sudah pernah makan seafood? biasanya semua orang pernah merasakan makan seafood bersama teman-teman atau keluarga. Orang yang alergi habis makan seafood atau makan shrimp atau prawn akan muncul timbul bengkak dibibir dan gatal, Apakah kamu pernah merasakan hal seperti itu? padahal teman yang lain tidak merasakannya. Hal ini kemungkinan besar bahwa kamu mengalami  yang disebut sebagai gejala alergi.

Baca juga: ALERGI? Apa BERBAHAYA?

Benarkah Alergi adalah Penyakit Turunan?

Faktanya, beberapa faktor tertentu yang memicu tingginya risiko terjadinya alergi udang, di antaranya:

  • Usia. Alergi udang paling rentan terjadi pada anak-anak. Seiring dengan bertambah usianya, sistem pencernaan anak menjadi lebih matang dan reaksi alergi terhadap makanan, termasuk udang akan lebih berkurang.
  • Dermatitis atopik. Anak-anak dengan jenis reaksi kulit ini lebih mungkin terserang alergi makanan seperti alergi udang dibandingkan anak-anak dengan jenis kulit yang normal.
  • Riwayat keluarga. Seseorang berisiko untuk mengalami alergi udang jika salah satu atau kedua orangtua pernah mengalami hal yang sama, atau jenis alergi lainnya, seperti demam, gatal-gatal, atau eksim.

Waspada Terhadap Nyawa

Bahkan gejala alergi bisa sampai mengancam nyawa dan disebut sebagai reaksi anafilaktik. Gejala yang terjadi yaitu: 

  • Pembengkakan pada saluran pernapasan 
  • Kesulitan bernapas 
  • Turunnya tekanan darah mendadak 

Apabila kamu mengalami gejala seperti di atas segera pergi ke klinik atau UGD terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

 

Baca Artikel Lainnya :   Masa Pandemi, Stres Meningkat: Benarkah Berpengaruh Pada Asam Lambung?

Tinggalkan Komentar Anda