Klik Untuk Menilai Artikel ini
[Total: Rata-rata: ]

Hyaluronic Acid : Rahasia Kulit Lebih Muda

 

Perkembangan ilmu pengetahuan di bidang kecantikan kulit begitu pesat. Dalam upaya mempertahankan performa kulit melawan proses penuaan, setelah era invasif dengan tindakan pembedahan dengan segala risikonya, muncullah era baru dengan tehnik yang lebih praktis dan tentu saja memperkecil risiko. Salah satu di antaranya, yang juga telah merebut perhatian banyak kalangan adalah penggunaan hyaluronic acid (HA).

HA merupakan bahan alami yang tersebar dalam tubuh manusia, tapi sebagaian besar terdapat dalam lapisan kulit. Berfungsi terutama untuk mempertahankan kelembaban kulit. Ini sesuai dengan sifat HA yang selalu berikatan dengan air dan mampu mengikat hingga 1000 kali lipat beratnya sendiri. Sejalan dengan bertambahnya usia, kandungan HA semakin menurun, sebagai konsekuensinya kulit semakin tidak kenyal karena kandungan air yang berkurang dan bertambahnya garis wajah.

Proses aging atau penuaan kulit ini terjadi baik secara intrinsik maupun ekstrinsik. Secara intrinsik merupakan proses alami seperti yang juga terjadi pada organ lain. Faktor ekstrinsik adalah berbagai faktor dari luar, dan salah satu faktor utamanya adalah pengaruh buruk dari sinar ultra violet (UV). Dikatakan pengaruh sinar UV dalam penuaan kulit mencapai 80%.

AH mengisi ruang antar sel pada berbagai lapisan kulit. Maka para ahli kemudian menciptakan sediaan AH yang dapat diberikan melalui berbagai cara, baik secara invasif melalui penyuntikan, ataupun secara topikal melalui pemberian HA pada lapisan kulit luar. Masing-masing tentu mempunyai kekurangan dan kelebihan. Cara invasif lebih cepat hasilnya, tapi dengan risiko lebih besar pula, di antaranya adalah reaksi alergi. Maka bagi mereka yang ingin merasakan manfaat HA dengan cara aman, penggunaan AH secara topikal adalah solusi paling tepat dan nyaman. Saat ini telah tersedia Endoskin skin patch dengan kemampuan penetrasi yang lebih baik dari sediaan topikal lainnya.

 

Tinggalkan Komentar Anda

4 + 3 =