Klik Untuk Menilai Artikel ini
[Total: Rata-rata: ]

10 Manfaat Aloe Vera Yang Perlu Kamu Ketahui

 

Lidah buaya atau yang biasa dikenal sebagai aloe vera terkenal karena berbagai manfaat yang dikandungnya. Tanaman yang termasuk dalam family xanthorrhoeaceae dan masuk genus aloe ini mengandung banyak sekali zat-zat yang diperlukan untuk tubuh kita antara lain; karbohidrat, kalsium, protein, lemak, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Mengkonsumsi lidah buaya juga bisa mengurangi rasio gula darah karena mengandung zat aloe emodin yang cocok untuk penderita diabetes.

 Dewasa ini, gel aloe vera sangat terkenal untuk produk kecantikan dan sebagai pelembab. Namun, aloe vera dalam bentuk gel ini sudah diolah dan melewati proses kimiawi. Tapi taukah kamu bahwa menggunakan lidah buaya secara langsung kita bisa mendapatkan manfaat yang lebih banyak. Penasaran? Yuk cari tau manfaatnya dibawah ini:

-        Meningkatkan kekebalan tubuh

Meminum jus lidah buaya dapat membantu tubuh kita dalam proses metabolism penyerapan vitamin dan mineral lebih maksimal sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Enzim yang terkandung di lidah buaya memecah protein menjadi asam amino dan mengubahnya menjadi bahan bakar sel tubuh kita. Ini mengakibatkan sel tubuh dapat berfungsi dengan baik.

-        Membasmi plak gigi

Berkumur menggunakan lidah buaya dapat membasmi plak gigi karena lidah buaya memiliki khasiat yang hampir sama dengan chlorhexidine, antiseptik golongan antimikroba.

-        Menjaga kadar gula darah

Seperti yang telah disebutkan di atas, mengkonsumsi jus lidah buaya dapat menurunkan kadar gula. Berdasarkan artikel dari Journal of Clinical Pharmacy and Therapeutics (https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/jcpt.12382) jus lidah buaya dapat membantu mengendalikan kadar gula darah pada orang dengan prediabetes dan diabetes tipe 2.

Para scientist mengatakan ekstrak tanaman lidah buaya dapat menyerap gula yang baru dicerna tubuh. Meminumnya secara rutin dapat menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

-        Mengatasi sembelit

Meminum jus lidah buaya bisa menolong meningkatkan kadar air dalam usus. Peningkatan kadar air ini akan merangsang gerakan peristaltik atau gerakan mendorong pada usus yang memudahkan BAB.

-        Menciptakan rambut sehat

Sejak lama lidah buaya digunakan banyak orang untuk memperindah rambut sebelum gel aloe vera booming seperti sekarang. Bagaimana caranya? Ambil potongan lidah buaya dan menghancurkannya untuk mendapatkan air lidah buaya. Kemudian mengoleskan cairan itu ke rambut sebelum berkeramas. Rambut yang rajin diolesi lidah buaya secara rutin akan mengurangi kerontokan dan lebih tebal.

-        Membantu proses detoksifikasi

Tubuh memerlukan waktu untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, proses ini disebut detoksifikasi. Mengonsumsi jus lidah buaya secara dapat membantu proses detoksifikasi dari tubuh kita.

-        Mempercepat penyembuhan luka luar

Salah satu zat yang dikandung aloe vera adalah zat anti inflamasi yang berguna untuk menyembuhkan luka luar. Kandungan zat ini juga mampu melawan infeksi yang diakibatkan oleh bakteri sehingga dapat mempercepat pemulihan luka. Aloe vera juga bias meredakan radang. Radang kulit seperti psoriasis dan eksim juga bias teratasi loh.

-        Menjaga kesehatan kardiovaskular

Meminum jus lidah buaya secara rutin juga dapat mencegah kita terhindar dari penyakit mematikan, yaitu penyakit jantung. Lidah buaya dapat meningkatkan kemampuan difusi sel darah merah dan juga transportasi oksigen. Hal ini dapat meminimalisir masalah kesehatan kardiovaskular.

-        Mengatasi ketombe

Kulit kepala sering gatal dan banyak ketombe? Gak usah takut! Memakai aloe vera di kulit kepala bisa mengatasinya. Sifat antibakteri dan anti jamur dari lidah buaya dapat mengatasi ketombe. Enzim gel membersihkan kulit kepala sel mati yang mendorong regenerasi jaringan kulit yang berada di dekat folikel rambut.

-        Sumber asam amini

7 dari 8 asam amino yang tidak dapat diproduksi tubuh secara mandiri terkandung di dalam lidah buaya. Meminum jus lidah buaya secara rutin dapat memenuhi kebutuhan asam amino tubuh kita.

Nah sudah tahu kan kegunaan lidah buaya atau aloe vera secara alami? Boleh dicoba nih mulai menanam lidah buaya di depan rumah dan meminum jus nya secara rutin.

 

 

Source:

https://www.99.co/blog/indonesia/manfaat-aloe-vera/

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-jus-lidah-buaya/

https://www.merdeka.com/sehat/30-manfaat-lidah-buaya-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-kln.html

 

Tinggalkan Komentar Anda

31 + = 33