Klik Untuk Menilai Artikel ini
[Total: Rata-rata: ]

Girls Yuk Lebih Waspada Terhadap Infeksi Saluran Kemih

 

Girls, Anda pernah merasa ayang-ayangan yang membikin Anda sering kencing tetapi air seni yang keluar cuma sedikit. Terkadang disertai nyeri pula. Nah, gejala-gejala itu adalah tanda Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Sesuai namanya, ISK adalah infeksi bakteri yang menyerang daerah saluran kemih. Penyakit ini cenderung menyerang perempuan, setidaknya setiap perempuan akan mengalami ISK 1-2 kali pada fase hidupnya. Kecenderungan ini disebabkan perempuan memiliki uretra lebih pendek dibanding laki-laki, sehingga akses perpindahan bakteri ke kandung kemih menjadi lebih cepat.

Lazimnya, ISK disebabkan oleh bakteri E. Coli yang berpindah dari anus ke vagina. Kemungkinan besar terjadi karena gerakan membasuh vagina dari arah belakang (anus) ke arah depan. Gejala paling sederhana ketika seseorang terkena ISK adalah reaksi ayang-ayangan dan rasa terbakar saat buang air kecil. Reaksi ini, paling banyak dialami perempuan muda.

Gejalanya bisa menjadi parah ketika timbul nyeri di punggung atau perut bagian bawah. Gejala yang dapat dilihat secara kasat mata adalah air seni berwarna keruh, gelap, berdarah, atau berbau aneh. Penderita ISK juga cepat merasa lelah, demam, hingga menggigil. Gejala terakhir menandakan infeksi bakteri telah menyebar hingga ke ginjal.

Untuk mencegah terjangkit ISK, jangan pernah menahan buang air kecil (BAK) dan minumlah banyak air. Saat tubuh kekurangan minum, ginjal akan kehilangan cairan sehingga urine menjadi lebih pekat. Kondisi ini memancing penyerangan bakteri ke arah kandung kemih dan ginjal. Duh, gak mau kan girls sampai seperti itu? Yuk, mulai sekarang belajar lebih perhatian terhadap hal-hal penting seperti ini.

 

Tinggalkan Komentar Anda

42 + = 51