Klik Untuk Menilai Artikel ini
[Total: Rata-rata: ]

Natto: Inspirasi Sehat Dari Negeri Sakura

 

Hidup adalah pilihan, kalimat tersebut sering kali kita dengar dan dapat dikaitkan dengan banyak hal. Di antaranya dalam hal memilih makanan apa yang akan kita konsumsi. Makanan enak atau makanan sehat? Kenyataannya makanan enak banyak yang tidak sehat, demikian pula makanan sehat sering kali sulit untuk dijadikan makanan favorit. Salah satunya adalah natto, makanan olahan dari kedelai yang banyak dikonsumsi di Jepang.

Bagi masyarakat Jepang, natto tentu saja disukai karena enaknya. Dan beruntung sekali, natto ternyata juga merupakan makanan yang banyak manfaatnya bagi kesehatan. Ini pula yang dipercaya menjadi salah satu alasan mengapa penduduk Jepang dikenal memiliki umur panjang dan relatif lebih sehat dibanding negara lainnya. Berikut adalah manfaat dari natto:

- Fibrinolitik (menguraikan bekuan darah) sekaligus antikoagulan (mencegah pembekuan darah).

- Membantu mempertahankan tekanan darah dalam keadaan normal dan stabil.

- Antiaterosklerotik (melawan efek pembentukan plak pada pembuluh darah, sehingga diameter pembuluh darah lebih optimal dan tidak kaku).

- Mengontrol lemak darah.

- Neuroprotektif (melindungi sistem saraf).

Ke semua manfaat di atas secara bersama terutama memelihara kesehatan pembuluh darah dan jantung, serta mencegah terjadinya berbagai penyakit lain yang berkaitan dengan pembuluh darah seperti stroke dan gangguan ginjal.

Apakah masyarakat di negara lain dapat memperoleh manfaat yang sama? Tentu saja, yaitu dengan mengikuti kebiasaan baik penduduk Jepang dalam mengkonsumsi dan menikmati natto setiap hari. Karena untuk mendapatkan manfaat natto secara optimal perlu dikonsumsi setiap hari dalam jumlah yang cukup banyak. Masyarakat Jepang terbiasa dengan mengolah natto dengan berbagai cara serta beragam jenis masakan. Natto kadang langsung dimakan dengan nasi putih saja, atau dapat pula dicampurkan ke dalam masakan lain seperti sop. Masalahnya tidak semua orang menyukai natto. Dengan aroma khas dan sifatnya yang lengket, mungkin sulit bagi kita untuk menjadikannya makanan  sehari-hari.

Tapi jangan khawatir. Saat ini para ahli telah mengemas natto sebagai suplemen. Dengan mengkonsumsi sebutir MaxQ10 sehari secara teratur, Anda telah mendapatkan manfaat natto dengan cara yang mudah dan nyaman. Tidak hanya itu, manfaat natto melalui nattokinase juga dilengkapi dengan kandungan Q10, makronutrien penting yang telah dikenal luas mempunyai manfaat antioksidan dan berbagai manfaat lain yang mendukung kerja natto dalam menjaga kesehatan Anda.

 

 

Tinggalkan Komentar Anda

+ 5 = 13