Klik Untuk Menilai Artikel ini
[Total: Rata-rata: ]

Mau Awet Muda? Coba Tips Ini Yuk!

Anda sudah berusia 35 tahun? Bukan awal yang baik untuk memulai. Tapi setidaknya tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang positif. Satu hal yang perlu disepakati, menjadi awet muda selalu berhubungan dengan kesehatan secara umum. Baik dalam arti jasmani maupun rohani. Salah satu komponen tidak mendukung, maka akan berpengaruh pada proses penuaan. Ambil saja contohnya pada orang yang menderita diabetes, berpotensi mengalami berbagai masalah kulit seperti kulit kering, lebih gelap, gatal dll. Agar tidak terlalu luas, penuaan di sini akan diartikan sebagai penuaan dalam arti yang paling umum, yaitu penuaan kulit.
Proses penuaan pada kulit ditandai dengan penambahan garis kulit, berkurangnya kelembaban sehingga terlihat lebih kering atau bersisik, menurunnya elastisitas/kekenyalan dan makin kendur. Proses ini dapat dipengaruhi oleh faktor dari dalam maupun dari luar. Tidak perlu bingung membedakan mana yang dari luar, mana yang dari dalam. Yang penting adalah konsistensi dalam mempraktekkannya. Mengalami proses penuaan adalah sesuatu yang alamiah dan tidak dapat dihindari. Namun mencegahnya timbul lebih dini atau bahkan memperlambat prosesnya adalah sesuatu yang dapat diusahakan. Satu faktor yang tidak dapat dihindari adalah faktor genetik. Tentu saja, sama halnya seperti kita tidak dapat menghindari kemiripan wajah dengan orang tua kita. Ada komponen-komponen genetik yang mungkin diturunkan kepada kita. Di luar itu pada umumnya merupakan hal-hal yang dapat dikendalikan walaupun tidak sepenuhnya, seperti:

1. Lindungi kulit Anda dari sinar matahari berlebihan. Kulit memerlukan sinar matahari untuk dapat menghasilkan vitamin D bagi tubuh. Namun sinar UV juga dapat merusak kulit. Salah satunya adalah menyebabkan menurunnya produksi kolagen yang penting untuk mempertahankan kemudaan kulit. Solusinya adalah menggunakan tabir surya, terutama pada wajah. Meningkatkan asupan vitamin D dari makanan atau dari suplemen vitamin D jika diperlukan.

2. Makan cukup protein, vitamin dan mineral yang diperoleh terutama dari sayur, buah, kacang-kacangan dan ikan. Daging merah, susu, keju dan telur dapat menjadi tambahan. Bahan-bahan ini diperlukan untuk membentuk struktur kulit yang baik dan sehat. Sekali lagi perlu diingat prinsip kesehatan secara umum. Makanan perlu berimbang dan tidak menimbulkan obesitas.

3. Anda perlu hidrasi yang cukup. Minumlah air putih tidak kurang dari 2 liter/hari. Air adalah komponen penting dan cukup besar bagi kulit. Pengaruh kekurangan air atau dehidrasi dapat secara drastis mengurangi volume sel kulit Anda sehingga terlihat lebih kendur. Selain itu air diperlukan dalam berbagai proses metabolisme tubuh.

4. Anda perlu istirahat dan tidur cukup. Beberapa penelitian memperlihatkan kurang tidur baik kuantitas maupun kualitas dapat mempengaruhi performa kulit.

5. Walaupun banyak yang berpendapat, sering tersenyum atau tertawa dapat menimbulkan garis tertentu terutama pada sudut mata dan sudut bibir, namun menjadi bahagia dengan banyak senyum dan tertawa juga dapat meningkatkan hormon yang dapat membuat Anda merasa bahagia dan puas. Ini baik untuk kesehatan Anda, dan akhirnya dapat mendukung Anda menjadi awet muda. Jangan pernah takut tersenyum untuk awet muda. Itu benar-benar tidak perlu.

6. Hindari asap rokok dan batasi alkohol. Kedua hal ini akan sangat menyulitkan tubuh Anda dalam berbagai cara.

7. Menggunakan berbagai produk perawatan kulit, menjalani perawatan dengan alat atau bahan tertentu juga merupakan metode yang dapat dilakukan. Namun pilihlah yang sesuai dengan kulit Anda. Baik untuk produk topikal maupun dengan metode suntik atau metode apapun, biasakan untuk melakukan test terhadap reaksi alergi atau sensitivitas.

Ada orang yang hidup tanpa asap rokok, tinggal di alam pedesaan dengan udara segar, banyak mengonsumsi sayur dan buah, tidak minum alkohol. Dengan berbagai faktor telah terpenuhi, tetapi tetap terlihat lebih tua dari usianya. Apa yang kurang? Ternyata profesinya adalah petani yang tiap hari bekerja di bawah terik matahari tanpa ada tindakan proteksi seperti topi, baju lengan panjang apa lagi tabir surya. Maka kesimpulannya harus dilakukan secara menyeluruh. Ini adalah proses jangka panjang, namun sangat menyenangkan ketika ada orang yang salah menebak usia Anda bukan? Namun lebih dari itu, berbagai faktor di atas sesungguhnya merupakan langkah yang sejalan dengan usaha memperoleh kesehatan secara umum. Sangat layak untuk dijalankan.

Tinggalkan Komentar Anda

+ 56 = 66