Klik Untuk Menilai Artikel ini
[Total: Rata-rata: ]

Ketahui Tentang Zinc Picolinate

 

Zinc picolinate adalah salah satu nutrisi esensial yang diperlukan oleh tubuh. Esensial berarti tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari luar tubuh dengan cara mengkonsumsinya setiap hari. Sama seperti yang lainnya, kebutuhan nutrisi merupakan sesuatu yang bersifat harian. Bila seminggu yang lalu anda berhasil mencukupi semua kebutuhan nutrisi anda, bukan berarti dalam minggu ini anda dapat mengesampingkannya dan melakukan “cheat week” yang mungkin terasa menyenangkan, tapi dapat berakibat negatif pada kesehatan anda. Atau mungkin anda melakukannya tanpa sengaja karena kesibukan anda membuat anda kesulitan untuk memperhatikan apa isi menu anda. Atau mungkin ini adalah hari-hari anda menjamu tamu-tamu perusahaan, dengan berbagai makanan yang sudah dipilih lebih atas dasar rasa dari pada keseimbangan nutrisinya. Dan ini hal yang umum terjadi bukan?

Zinc secara umum diperlukan sebanyak 15-30 mg/hari. Bila anda adalah pecinta daging dan seafood, zinc banyak terdapat di dalamnya. Hanya saja proses memasak dapat menghilangkan lebih dari separuh kandungan zinc tersebut. Belum lagi kandungan lain di dalam sumber makanan tersebut, bila berlebihan malah menimbulkan risiko lain seperti kelebihan kolesterol darah, asam urat dll. Maka  seni mengatur makanan sehat dan seimbang terletak pada jumlah, kombinasi jenis dan cara pengolahannya. Salmon mentah adalah salah satu cara penyajian dan pilihan yang sangat baik. Tidak mengherankan jenis yang satu ini relatif mahal. Makanan lain yang sehat dan kaya akan zinc adalah sayur, jamur, gandum, biji-bijian seperti wijen, coklat hitam (minimal kandungan coklat 80%), yoghurt dan oatmeal.

Bila dalam suatu periode anda merasa mudah jatuh sakit atau merasa tidak fit, atau anda heran mengapa akhir-akhir ini sering terganggu dengan munculnya jerawat atau bisul tanpa sebab dan latar belakang yang jelas, bisa saja anda sedang mengalami kekurangan nutrisi yang salah satunya adalah zinc. Karena zinc memang mempunyai fungsi antara lain:

- meningkatkan sistem imun

- mengurangi dan mencegah inflamasi

- menjaga kesehatan kulit

- menjaga kestabilan gula darah dengan memelihara sensitivitas terhadap insulin

- memelihara kesehatan pembuluh darah yang berhubungan dengan stabilitas tekanan darah, lemak darah dan kesehatan jantung

- menjaga kesehatan mata, terutama mencegah degenerasi makula (bagian dari retina mata). Bila anda dalam kondisi stress oksidatif tinggi, seperti kelelahan, aktivitas fisik dan mental tinggi, terpapar lingkungan tidak sehat, merokok, minum alkohol atau sedang menderita penyakit tertentu, atau anda tidak yakin nutrisi anda tercukupi, maka anda mungkin memerlukan tambahan melalui suplemen.

Suplemen zinc yang ada di pasaran cukup bervariasi. Zinc tersedia dalam beberapa bentuk yang masing-masing mempunyai sifat berbeda. Misalnya zinc picolinate adalah bentuk yang diserap lebih baik oleh tubuh dibandingkan bentuk lainnya, sehingga konsentrasinya dalam darah akan lebih tinggi. Beberapa bentuk lain seperti zinc glukonat, zinc asetat dan zinc sulfat memiliki penyerapan yang lebih rendah. Umumnya kekurangan akan zinc juga bersamaan dengan kandungan nutrisi lainnya. Karena itu sediaan suplemen zinc picolinate dan nutrisi lain seperti vitamin c dosis tinggi merupakan solusi bagi anda yang memang sedang memerlukannya.

 

Tinggalkan Komentar Anda

+ 5 = 9