Klik Untuk Menilai Artikel ini
[Total: Rata-rata: ]

Sekilas Tentang Penyakit Saluran Nafas

 

Penyakit saluran nafas merupakan salah satu penyakit yang paling umum mengganggu kesehatan. Sebuah penelitian menyatakan hampir 60% penduduk Jakarta mengalami gangguan pernafasan akibat kualitas udara yang kurang baik. Tidak dapat disangkal, kesehatan organ pernafasan merupakan prioritas untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Gangguan pada saluran pernafasan dapat disebabkan oleh alergi, infeksi dan faktor lain seperti kondisi eksternal berupa polusi atau bahan kimia yang dapat menimbulkan reaksi sementara, berkepanjangan atau bahkan permanen.

Secara umum kita mengenal obat batuk yang berfungsi sebagai penekan batuk, pengencer dahak, anti alergi untuk mereka yang batuk atau pilek karena alergi, obat pelega hidung tersumbat, pembuka saluran nafas, antibiotika untuk infeksi bakteri dll.

Tahukah Anda, ketika dunia kesehatan semakin berhati-hati dalam memberikan antibiotika (pada kenyataannya memang tidak semuanya harus mendapatkan antibiotika), maka saat ini cenderung lebih didahulukan untuk pilihan obat yang lebih sedikit efek sampingnya namun efektif bagi penderita gangguan saluran nafas, baik yang masih ringan maupun yang berat seperti PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik). Golongan obat ini biasanya terbuat dari bahan alami, seperti daun ivy. Karena itu mempunyai tingkat keamanan yang tinggi dan biasanya merupakan pilihan pertama ketika seseorang baru terserang batuk atau sakit tenggorokan. Sesungguhnya golongan obat ini mempunyai efek yang cukup luas, terutama adalah kemampuannya meredakan peradangan pada seluruh permukaan saluran nafas sehingga berangsur-angsur memberikan efek nyaman. Kemampuan lainnya adalah mengencerkan dahak sehingga mencegah penumpukannya yang dapat menyumbat saluran nafas dan menimbulkan sesak, dengan demikian juga memudahkan pengeluaran dahak dan mengurangi batuk. Memilih obat yang tepat juga perperan dalam mengurangi durasi penyakit dan mencegah resistensi atau kekebalan terhadap obat-obatan yang dapat menjadi masalah di kemudian hari.

Beberapa jenis gangguan paru-paru berat seperti PPOK menimbulkan masalah yang berkepanjangan. Terkadang pengobatan biasa sudah tidak dapat membendung kerusakan yang terjadi. Merupakan kondisi permanen yang tidak dapat lagi disembuhkan. Salah satu sebab utamanya adalah kerusakan saluran nafas bagian bawah, yang berfungsi untuk pertukaran oksigen. Asap rokok dan bahan kimia adalah contoh penyebab kerusakan tersebut. Karena itu, adalah penting untuk memperhatikan kualitas udara seperti apa yang Anda hirup ke dalam paru-paru Anda. Kesehatan paru-paru Anda harus mulai dijaga sejak dini. Jangan sampai terlambat ya!

 

Tinggalkan Komentar Anda

7 + 2 =