Klik Untuk Menilai Artikel ini
[Total: Rata-rata: ]

5 Cara Tepat Mencegah Agar Tidak Terjadi Alergi

Akumausehat, Jakarta – Alergi adalah suatu reaksi sistem imun tubuh yang berlebihan terhadap benda asing yang sebenarnya tidak membahayakan tubuh. Beberapa contoh yang dapat menimbulkan reaksi alergi misalnya makanan, debu, bulu binatang atau alergi udang.  Sesuatu yang menimbulkan gejala alergi disebut dengan alergen.

Pada dasarnya sistem imun atau immune system bertujuan untuk menghancurkan subtansi yang membahayakan tubuh dengan cara menimbulkan peradangan. Namun pada kejadian alergi, substansi tersebut tidak membahayakan. Alergi biasanya diturunkan secara genetik. Apabila kamu memiliki alergi tertentu, kemungkinan keluarga sendiri juga mengalaminya. 

Bagi yang memiliki alergi terhadap sesuatu, sepertimakanan, debu, bulu binatang atau alergi udang, mungkin perlu mulai menyiasati bagaimana cara mengelola kondisinya. Hal ini bisa dilakukan dengan bantuan dokter.

5 cara tepat mencegah agar tidak terjadi alergi

Perlu diingat bahwa cara mencegah munculnya reaksi alergi tergantung pada jenis alerginya. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko munculnya Alergi;

  1. Bawalah obat alergi atau obat-obatan pribadi untuk alergi
  2. Kenali alergen dan hindari paparannya
  3. Beritahukan kepada teman atau keluarga mengenani alergi
  4. Buatlah catatan dan simpan di dompet terkait dengan adanya riwayat alergi terhadap obat
  5. Lakukan pemeriksaan alergi untuk mengetahui substansi alergi yang perlu dihindari

Apabila kamu memiliki riwayat alergi, sebaiknya membawa obat pribadi anti alergi saat sedang berpergian. Contohnya obat antihistamin yaitu loratadine, cetirizine dan fexofenadine. Selain itu apabila mengalami alergi yang dapat mengancam nyawa bawalah suntikan epinefrin

Penting untuk perhatikan bahwa tidak ada satupun cara untuk menghilangkan alergi yang dimiliki. Hanya saja kita dapat menghindari dan mengontrol gejala-gejala alergi yang timbul.

Baca Artikel Lainnya :   4 Kandungan Yang Dapat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Tinggalkan Komentar Anda